E - Commere

materi e-commece

Studi Kasus


BAB III
STUDI KASUS

STUDI KASUS PENERAPAN ECOMMERE
PT. ISTANA ROMANTIK DEKORINDO (IRD)

3.1.KESEMPATAN PASAR

Pada saat awal berdirinya tahun 1986 PT IRD memproduksi dan menjual kain-kain elemen dekorasi jendela seperti vitrage dan gorden, seiring berjalannya waktu PT IRD memperbanyak  jenis produk yang dijualnya antara lain: rail, wallpaper dan aksesoris. Sebelum dilakukan perancangan ecommerce untuk PT IRD dilakukan analisis untuk melihat apakah PT IRD dapat memanfaatkan ecommerce dalam menjalankan bisnisnya.

3.1.1.      Mengidentifikasikan Kebutuhan Pelanggan yang belum terpenuhi
Dari proses pembelian yang sedang berjalan didapatkan beberapa permasalahan yang dihadapi, yakni:
         Saat ini informasi produk diberikan melalui brosur atau katalog sehingga informasi produk tidak lengkap dan untuk melakukan pengkinian harus mencetak brosur atau katalog baru.
         Saat ini pemesanan dan pembelian dilakukan melalui tenaga penjual (sales), dengan tenaga penjual yang ada PT IRD mendapatkan keterbatasan waktu dan jumlah tenaga penjual.
         Lokasi pemasaran yang masih terbatas pada kota-kota besar di Indonesia, untuk menjangkau kota-kota lain PT IRD harus berinvestasi untuk mendirikan kantor cabang.

3.1.2.      Mengidentifikasikan Target Pelanggan

Berdasarkan produk yang dijual PT IRD, maka segmentasi PT IRD dapat dilihat pada table berikut:
Table 3 : Segmentasi Pelanggan

Jenis ukuran usaha
Toko
Hotel
Design interior
Kontraktor
Besar
Target
Target
Target
Target
Sedang
Target
Target
Target
Target
Kecil
Non Target
Non Target
Target
Target

3.1.3.      Daya Saing

Berdasarkan perbandingan dimensi harga,variasi produk, kualitas produk dan brand image, didapati beberapa perusahaan yang menjadi pesaing PT IRD, yakni PT. Da Vinci Collection dan Sumber Antik Decoration. Dimana PT IRD dan PT Da Vinci Collection lebih menekankan pada kualitas produk sehingga harga yang ditawarkan cukup tinggi, berbeda dengan Sumber Antik Decoration yang menawarkan produk dengan harga yang kompetitif.

3.1.4.      Sumber Daya Perusahaan Yang Mendukung

         Brand Romantik dari PT IRD yang sudah terkenal.
         Cabang-cabang di beberapa kota besar di Indonesia, sehingga mempermudah jalur distribusi.
         Perusahaan sudah memanfaatkan Teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalankan bisnisnya, menggunakan intranet untuk menghubungkan kantor cabang dan kantor pusat.
         Mempunyai reputasi dan relasi yang baik dengan para pemasok, dimana 90% produk impor.
 
3.1.5.      Kesiapan Pasar Terhadap Teknologi

PT IRD perlu memiliki sikap adaptatif dan menggikuti kondisi yang ada di Indonesia saat ini, dalam lingkup nasional PT IRD harus berfokus pada teknologi non-broadband sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Dimana saat ini pasar dapat menerima teknologi yang digunakan, dibuktikan dengan jumlah pemakai internet di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya, dimana diperkiraakan pada akhir tahun 2007 mencapai 25 juta orang (sumber www.apjii.or.id), ini membuktikan bahwa pemakai internet pada tahun mendatang akan tetap meningkat.

3.1.6.      Analisis Potensi Pasar

Berdasarkan analisa diatas, didapati kebutuhan pelanggan akan informasi yang cepat dan terkini, cakupan pasar yang lebih luas, sumberdaya internal perusahaan dapat memanfaatkan teknologi informasi, teknologi yang dibutuhkan e-commerce dapat mudah diadopsi maka dimungkinkan PT IRD berpotensi “going to e”, dengan memanfaatkan e-commerce sebagai pendukung bisnis yang sedang berjalan.

3.2.MODEL BISNIS

Model bisnis yang dapat diterapkan oleh PT IRD adalah model bisnis berdasarkan kualitas yang tinggi (highest quality model). Hal ini dikarenakan produk-produk PT IRD ditargetkan pada pelanggan menengah ke atas dengan harga premium berkualitas tinggi.

3.2.1.      Kelompok nilai yang ditawarkan
Tiga elemen kelompok nilai yang ditawarkan PT. Istana Romantik Dekorindo dalam sistem ecommercenya adalah sebagai berikut.
         Segmen target: hotel berbintang tiga ke atas, toko-toko interior kelas menengah ke atas, kontraktor perumahan atau apartemen jadi atau desiner interior.
         Keuntungan yang ditawarkan: akses 24/7, informasi up-to-date dan lengkap & pencarian informasi yang mudah, Order & payment tracking, shopping cart, online real-time customer service, memungkinkan pengiriman dalam hari yang sama dengan pemesanan (untuk Jabotabek).
         Sumber daya yang diandalkan: brand yang kuat, kualitas yang tinggi, pengiriman luar kota dengan jasa kurir, jasa mengantar Jabotabek dilakukan sendiri, online customer service yang terlatih dalam informasi produk.

3.2.2.      Penawaran Online
Barang yang ditawarkan secara online dengan penerapan sistem e-commerce berbasis web ini adalah bersifat category specific offering dimana fokus kategori barang yang ditawarkan adalah barang-barang tekstil yang berkaitan dengan dekorasi ruang interior seperti kain gorden, rail, wallpaper, dan vitrage.

3.2.3.      Model Pendapatan
Ada dua model pendapatan yang dapat diperoleh dari sistem e-commerce ini yaitu:
         Produk. Pada model pendapatan ini, system e-commerce yang berbasiskan web memperoleh pendapatan dari laba penjualan produk.
         Iklan (banner). Ini merupakan model pendapatan tambahan pada sistem e-commerce ini.


3.3.IMPLEMENTASI SISTEM E-COMMERCE PT IRD

Dalam mengimplementasi sistem e-commerce PT IRD dibutuhkan beberapa sumberdaya yang harus dipersiapkan, sumberdaya tersebut:

3.3.1.      Sumber Daya Manusia
Tenaga professional baru yang dibutuhkan dalam implementasi e-commerce antara lain:
         Web developer bertugas dalam hal pengembangan web, pemeliharaan fungsionalitas web, dan perancangan web.
         Web content admin bertanggung jawab terhadap isi dari situs seperti pemasangan banner, artikel, data produk, data admin web.
         Manajer E-Commerce bertugas untuk merancang dan mengatur strategi penerapan ecommerce dan sistem pendukung lainnya.
         Network administrator bertanggung jawab terhadap reliabilitas dan keamanan jaringan.

3.3.2.      Proses
Dengan adanya sistem e-commerce maka pengiriman dapat dilakukan pada hari yang sama. Hal ini memungkinkan karena kini bagian gudang dapat menggunakan sistem e-commerce untuk login ke back-end dan mengecek pesananan yang dapat diproses dan diantarkan langsung ke pelanggan. Dengan sistem ecommerce juga memungkinkan untuk menjadikan toko-toko selaku pelanggan bisnis menjadi agen penjualan PT IRD.

3.3.3.      Stuktur Organisasi
PT IRD menggunakan struktur satu organisasi untuk operasi offline dan online.

3.3.4.      Sistem
Untuk mengimplementasikan aplikasi website ecommerce PT IRD menggunakan arsitektur jaringan client/server.

3.3.5.      Budaya
Dengan adanya sistem e-commerce maka budaya kerja PT IRD harus disesuaikan dengan strategi bisnisnya yang baru., agar sistem ecommerce yang ditawarkan dapat berjalan dengan baik.



3.3.6.      Kepemimpinan
Karena PT IRD akan membuka kanal bisnis baru maka pimpinan dapat menyesuaikan dengan visi dan misi PT IRD yang sedang berjalan.

3.3.7.      Partnership
PT. IRD dapat menggunakan jasa pengiriman untuk pengiriman ke luar kota dengan membentuk aliansi agar dapat diperoleh harga yang kompetitif, jaminan waktu sampai dan keamanan barang yang dikirim.


3.4.SIMPULAN KASUS

Berdasarkan hasil analisis dan perancangan strategi sistem penjualan yang di terapkan di PT IRD dapat disimpulkan bahwa:
         Potensi pasar bagi PT IRD memberikan peluang atau kesempatan yang cukup besar. Oleh karena itu, PT IRD dapat menerapkan e-commerce untuk memperluas jaringan bisnisnya.
         Dengan adanya e-commerce PT IRD dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan dimana pelanggan dapat melakukan transaksi dan mendapatkan informasi dengan mudah melalui fitur-fitur pada website seperti pencarian, faq, online customer service, konfirmasi pembelian, sejarah transaksi dan pembayaran.
         Strategi e-commerce yang diusulkan ini menjadikan proses bisnis lebih mudah dan sederhana karena sudah ada automatisasi pada sistem e-commerce.
         Strategi e-commerce memberikan keuntungan tambahan bagi pelanggan untuk dapat menjadi agen penjualan PT IRD.