E - Commere

materi e-commece

Pendahuluan


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.LATAR BELAKANG
Perkembangan  internet  menyebabkan  terbentuknya  sebuah  dunia  baru  yang  lazim disebut  dunia maya.  Di  dunia maya ini setiap  individu memiliki  hak dan kemampuan untuk   berinteraksi   dengan    individu   lain   tanpa   batasan   apapun   yang   dapat menghalanginya.  Sehingga globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan  di dunia  maya  yang  menghubungkan  seluruh  komunitas  digital.    Dari  seluruh  aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor  yang  paling  terkena  dampak  dari  perkembangan  teknologi  informasi  dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh.  Melalui e-commerce, untuk pertama kalinya seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama agar dapat bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya. Di Indonesia sudah banyak perusahaan atau perseorangan yang berbisnis dengan cara e-commerce. Bahkan di Karawang khususnya di Program Studi S1-Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang, e-commerce diajarkan mulai pada tingkat I perkuliahan. Ini dikarenakan kami dididik menjadi sarjana ekonomi yang pandai berwirausaha.

1.2.RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang yang dibuat, timbul beberapa permasalahan seperti :
1)      Apakah yang dimaksud e-commerce ?
2)      Konsep apa saja yang terdapat pada e-commerce ?
3)      Apa saja jenis – jenis e-commerce ?
4)      Bagaimana dampak e – commerce bagi perusahaan ?
5)      Sejauh mana penggunaan e – commerce dikalangan mahasiswa ekonomi ?

1.3.TUJUAN
Adapun tujuan dibuatnya makalah ini adalah, agar :
1)      Mahasiswa mampu mengetahui definisi dan konsep dari E-Commerce
2)      Mahasiswa mampu mengetahui Dimensi dari E-Commerce
3)      Mahasiswa mampu mengetahui Framework E-Commerce
4)      Mahasiswa mampu mengetahui Klasifikasi dari E-Commerce
5)      Mahasiswa mampu membangun bisnis E-commerce sendiri