BAB I
PENDAHULUAN
1.1.LATAR BELAKANG
Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya sebuah dunia baru yang lazim disebut dunia maya. Di dunia maya ini setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Sehingga globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh. Melalui e-commerce, untuk pertama kalinya seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama agar dapat bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya. Di Indonesia sudah banyak perusahaan atau perseorangan yang berbisnis dengan cara e-commerce. Bahkan di Karawang khususnya di Program Studi S1-Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang, e-commerce diajarkan mulai pada tingkat I perkuliahan. Ini dikarenakan kami dididik menjadi sarjana ekonomi yang pandai berwirausaha.
1.2.RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang yang dibuat, timbul beberapa permasalahan seperti :
1) Apakah yang dimaksud e-commerce ?
2) Konsep apa saja yang terdapat pada e-commerce ?
3) Apa saja jenis – jenis e-commerce ?
4) Bagaimana dampak e – commerce bagi perusahaan ?
5) Sejauh mana penggunaan e – commerce dikalangan mahasiswa ekonomi ?
1.3.TUJUAN
Adapun tujuan dibuatnya makalah ini adalah, agar :
1) Mahasiswa mampu mengetahui definisi dan konsep dari E-Commerce
2) Mahasiswa mampu mengetahui Dimensi dari E-Commerce
3) Mahasiswa mampu mengetahui Framework E-Commerce
4) Mahasiswa mampu mengetahui Klasifikasi dari E-Commerce
5) Mahasiswa mampu membangun bisnis E-commerce sendiri